Detail Berita

Kota Wisata Batu Siap Bangun Monumen Munir


15-01-2013


BATU-Suasana berbeda dari hari biasa tanpak terlihat di Alaun-alun Kota Batu, Jawa Timur, Senin (3/12/2012). Di lokasi favorit warga Kota Batu itu, digelar acara HUT almarhum Munir Said Thalib, bertema "Menafsir Munir, Melawan Lupa". Acara digelar sejak Minggu (2/12/2012) lalu.

Acara tersebut sejak hari pertama terlihat cukup meriah. Selain masyarakat setempat, even ini dihadiri seniman, budayawan dan artis terkenal. Acara di hari kedua, dibuka oleh musik Swara Sujiwotedjo. Kolaborasi musik Jogja-Batu dan performance Butet. Pada pukul 15.00 WIB, Melanie Subono tampil dengan musik Jazz dan Glenn Fredly sebagai penutup acara.

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko yang hadir dalam acara itu menyatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan membangun monumen atau tugu Munir, sebagai pengingat perjuangan Munir.

"Dalam waktu dekat, kami akan membangun tugu atau monumen almarhum Munir di Kota Batu. Sebagai lambang bahwa almarhum dilahirkan di Kota Batu. Yang utama, (minumen ini) untuk memberi semangat juang bagi anak muda kota Batu dan Indoensia pada umumnya," katanya.

Soal seperti apa monumen tersebut, Eddy menyerahkan kepada seniman dan budayawan serta para sahabat Munir. "Jika nantinya tak ada yang akan membayai, Pemkot Batu yang akan membiayainya," tegasnya.

Selain siap membangun monumen Munir, Pemkot Batu, juga akan menjadikan Munir sebagai nama jalan. "Kita akan melakukan penelitian dulu, dimana tempat yang menjadi sejarah masa kecil Munir selama di Kota Batu," katanya.

Sebab, kata Eddy, tidak sembarang jalan yang akan diberi nama Munir. "Tapi harus ada sejarah yang berkaitan dengan Munir. Nantinya akan ditetapkan di perda. Karena masih banyak jalan yang tak ada namanya," katanya.

Ditanya soal kegiatan bertema "Menafsir Munir, Melawan lupa" itu, Eddy menyatakan sangat bermanfaat. "Manfaatnya luar biasa. Pada kalangan anak muda, akan membangunkan semangat dan spirit perjuangan seperti Munir. Semoga ke depannya, muncul Munir-Munir baru," katanya.

(Diolah Bagian Humas dan Protokol-Heru Priyatmojo/foto: Slamet P)


Sumber : Admin