Detail Berita

Forum OPD 2019 dalam rangka penyusunan RKPD Kota Batu


14-03-2019


Batu,
Kamis (14/3/2019) dilaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2019 dalam rangka penyusunan RKPD Kota Batu bertempat di Convention Hall, Senyum World Hotel. Forum OPD merupakan forum pemangku kepentingan untuk membahas usulan program kegiatan prioritas hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD. Setelah Musrenbang 3 Kecamatan di Kota Batu selesai dilaksanakan, tahap berikutnya adalah Forum OPD yang dilaksanakan untuk menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan dan hasil Reses DPRD. 

Forum yang dibuka oleh Walikota Batu, Dewanti Rumpoko ini dihadiri oleh Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Ketua DPRD, Cahyo Edi Purnomo, Sekertaris daerah,  Asisten, Tenaga Ahli dan Staf Ahli Walikota, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Sekertaris dan Pejabat Penyusunan Program seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Dalam arahannya, Dewanti Rumpoko menyampaikan ada beberapa proyek infrastruktur strategis daerah yang menjadi prioritas. Antara lain:
 
1. Tindak lanjut pembangunan jalan tol Pandaan-Malang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Malang dan difasilitasi Pemprov Jatim melalui pembangunan rest area dan pelebaran jalan provinsi. 
2. Penyelesaian pasar sayur tahap kedua, dilanjutkan dengan revitalisasi pasar Induk Kota Batu. 
3. Pembangunan Pasar Desa Oro-oro Ombo.
4. Pembangunan museum HAM di Sisir.
5. Pembangunan TPA Tlekung dan Pembangunan TPSD di setiap desa dan kelurahan.  
6. Pembangunan Puskesmas Beji dan Puskesmas Bumiaji. 
7. Revitalisasi gedung kesenian Kota Batu. 
8. Pembangunan SD Sumberbrantas.
9. Revitalisasi dan penataan alun-alun Kota Batu menjadi pusat ekonomi, pusat olahraga dan pelayanan publik. 
10. penataan kawasan paralayang berstandar Internasional. 
11.  Pembangunan kereta gantung Kota Batu untuk mengatasi masalah transportasi. 

Beliau berharap dengan adanya Forum OPD ini, dapat tercapai sinkronisasi dan kesepakatan program prioritas dan penganggaran. 
 
Setelah itu, dilaksanakan Sidang Pembahasan sinkronisasi hasil Musrenbang Kecamatan, Hasil reses DPRD dengan rencana Kerja Perangkat Daerah. Dengan begitu, visi dan misi pembangunan jangka menengah tahun 2018-2022, yakni Desa Berdaya Kota Berjaya Terwujudnya Kota Batu Sebagai Sentra Agro Wisata Internasional Yang Berkarakter, Berdaya Saing Dan Sejahtera dapat tercapai.
 


Sumber : Tim MEDSOS / Dinas KOMINFO / Kota Batu