Detail Berita

Persiapkan Pemilu, Polres Kota Batu Gelar Sispamkota


12-04-2019


Batu,
Polres Kota Batu menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu 2019 di Halaman Mako Polres Batu, Kamis (11/4/2019).

Kegiatan Sispamkota ini melibatkan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu 2019, di Wilayah Kota Batu. Kegiatan simulasi dipimpin Kapolres Muba, AKBP Budi Hermanto. dihadiri Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Forkompinda Kota Batu, perwakilan Bawaslu, Parpol, Ormas, Linmas, tokoh masyarakat, serta masyarakat sekitar.
Menurut sambutan Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto mengatakan pelaksanaan Pemilu tinggal seminggu lagi, yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, oleh sebab itu diperlukan keseriusan dan kesiapan baik personil dan peralatan dalam menghadapi Pemilu 2019, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Batu dapat berjalan aman dan nyaman sehingga tertib dalam pelaksanaan.
Selama ini simulasi yang dilaksanakan adalah tentang kriminalitas, seperti perusakan surat suara. Namun kali ini bekerjasama dengan BPBD Kota Batu dan Pemadam Kebakaran untuk menghadapi bencana. Karena Kota Batu merupakan wilayah rawan bencana, maka simulasi ini menunjukkan bagaimana kesiapan petugas menghadapi hal tersebut jelasnya.
Sementara itu Walikota Batu, Dewanti Rumpoko sangat mengapresiasi diselenggarakannya Forum Silaturahmi seluruh elemen masyarakat dan Sispamkota untuk menyambut Pemilu 2019 ini. Beliau berharap, Sispamkota hanyalah persiapan untuk menghadapi keadaan terburuk, dan tidak perlu digunakan pada hari H. Beliau juga berpesan agar seluruh masyarakat bijak dalam bermedia sosial, karena berita Hoax yang bertebaran tersebut adalah ulah-ulah pihak yang bertanggung jawab. Menurut beliau, pertandingan itu sudah biasa, dan yang akan terpilih di Pemilu 2019 adalah kader bangsa terbaik.
Dengan tingkat partisipasi tertinggi yaitu 82% di pemilu sebelumnya, semoga pada Pemilu 2019 kita bisa mempertahankan tingkat partisipasi ini dan mensukseskan pemilu tutup Dewanti.

 


Sumber : Tim MEDSOS/Dinas KOMINFO/Kota Batu