08

Jul
  • Umum

Shining Heart, Wujud Peningkatan Pelayanan Prima di Puskesmas Sisir

  • by Admin
  • 08-07-2019
  • Tim MEDSOS/Dinas KOMINFO/Kota Batu

Batu,
Inovasi tidak henti-hentinya dilakukan oleh Puskesmas Sisir Kota Batu. Setelah sebelumnya Puskesmas ini berhasil meraih peringkat ketiga sebagai Puskesmas terbersih se-Jawa Timur tahun 2018, kini, melalui “Shining Heart”, Puskesmas sisir membuat gebrakan baru.

Proyek perubahan “Shining Heart” dikemas menjadi lima program inovasi yakni, Tambah Ker ( Taman Limbah Keren), Taksi (Taman Refleksi), Tiger (Tim Gerak Siaga), Healthy Garden (Tanaman Toga dan Vertikal) serta Fun Heart (Senam Peregangan di Tempat Kerja).
Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Sisir, Farida mengatakan jika Shining Heart merupakan wujud peningkatan pelayanan prima di Puskesmas Sisir. Program ini pun telah mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama Dinas Kesehatan Kota Batu.
Jika selama ini IPAL tidak boleh dijamah, dengan Taman Limbah Keren ini maka akan semakin dekat dengan masyarakat sehingga bisa digunakan juga sebagai sarana edukasi. Selain itu, ada taman refleksi yang banyak digunakan oleh pasien tutur Farida, Jumat (5/07).
Lebih lanjut, Farida mengatakan dengan adanya Fun Heart atau senam peregangan di tempat kerja selama 5-10 membantu menghilangkan kejenuhan pegawai dan pasien yang berobat.
Selama ini banyak pasien yang turut mendukung, tidak sedikit dari pasien yang menjadikan senam ini sebagai olahraga ringan imbuhnya.
Tak hanya itu, Puskermas ini juga menerapkan Clean Table Policy , yaitu setiap pegawai di Puskesmas Sisir saat datang dan pulang, meja dan ruangan wajib tertata rapih dan bersih.
Dengan adanya program inovasi yang dilakukan saat ini, harapannya tidak hanya menjadi kegiatan di Puskesmas Sisir. Tetapi dapat menjadi percontohan di Puskesmas lainnya.