Detail Berita

KEMAJUAN PARIWISATA KOTA BATU JADI RUJUKAN


12-07-2019


Batu,
Kemajuan sektor pariwisata di Kota Batu yang begitu pesat, telah menjadikan Kota Batu sebagai salah satu sentra pariwisata di Jawa timur selain bromo. Sehingga Kota Batu kini semakin dikenal secara luas. Prestasi inilah yang akhirnya membuat Kota Batu banyak dilirik dan dijadikan rujukan oleh pemerintah daerah lain, yang ingin potensi wisata di daerahnya maju seperti di Kota Batu.
Salah satu daerah di nusantara yang terpikat dengan kemajuan sektor pariwisata di Kota Batu, adalah pemerintah Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu Sumatera. Kedatangan rombongan dari Pemkot Bengkulu di Pemkot Batu ini, diterima di ruang rapat utama (rupatama) Balaikota among tani oleh sekda Kota Batu Zadim effisiensi dan beberapa kepala opd terkait seperti kepala dinas pariwisata dan lainnya.
Zadim effisiensi mengaku senang dan bangga atas dipilihnya Kota Batu sebagai lokasi kunjungan kerja bertajuk “capacity building” ini. Apalagi Kota Batu hanyalah sebuah kota kecil yang sedang berproses untuk maju dan berkembang. Zadim berharap kunjungan ini bisa banyak memberi inspirasi dan dapat diterapkan di Kota Bengkulu, yang merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Sumatera setelah Kota Padang.
Kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kota Bengkulu yang juga merupakan ketua rombongan, Toni Harisman, mengatakan, jika kunjungan Pemkot Bengkulu bersama bank Indonesia cabang Bengkulu kali ini bertujuan untuk melihat secara langsung tempat wisata di Kota Batu, serta ingin mengetahui cara Pemkot Batu dalam mengembangkan sektor pariwisatanya.
Bagi Toni Harisman, perkembangan sektor pariwisata di Kota Batu yang sangat pesat merupakan wujud keberhasilan Pemkot Batu dalam memaksimalkan potensi daerahnya. Harapannya kedepan, Pemkot Bengkulu juga bisa melakukan upaya yang kurang lebih sama. Sehingga sektor pariwisata di Kota Bengkulu bisa semakin maju dan terus berkembang, dan tingkat kunjungan wisatanya bisa semakin meningkat.
Selain tertarik dengan pengembangan sektor wisata, dalam kunjungan kerja kali ini, baik Pemkot Bengkulu maupun Pemkot Batu juga saling sharing program kerja masing-masing. Diantaranya tentang pembinaan terhadap para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), industri kecil dan menengah (IKM), pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, serta tentang pelayanan kesehatan dan lainnya.

 


Sumber : Hasan Syamsuri, Indika/atv/Kota Batu