Berita

45 Pelaku UMKM Kota Batu mengikuti Sertifikasi Profesi di PLUT


25-07-2019


Sekitar 45 pelaku UMKM Kota Batu mengikuti Sertifikasi Profesi bertempat di Pusat Layanan Usaha Terpadu Kota Batu. Kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu, PLUT, dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)  Manajemen Wirausaha dan Produktivitas 'Merdeka' (MWPM) Universitas Merdeka Malang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan UMKM.

Membuka acara, Kadis Diskoperindag, Eko Suhartono menyampaikan bahwa untuk menghadapi kompetisi terutama dengan Revolusi Industri 4.0, dibutuhkan sertifikasi untuk dapat bersaing dan menggapai peluang. Beliau berharap, pelaku UMKM di Kota Batu tidak hanya menjadi penonton ditengah pesatnya kemajuan Kota Batu, namun juga dapat mempergunakan peluang untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih jaya. 

Sedangkan Kabid Usaha Mikro dan Industri Kecil Menengah,  Adiek Iman Santoso menjelaskan bahwa setelah nanti diuji kompetensinya, setelah beberapa bulan akan dievaluasi kembali dan diklasifikasikan agar program yang akan diterima pelaku UMKM tepat sasaran. Beliau menyampaikan bahwa dengan sertifikasi dapat memberikan bukti kompetensi untuk bersaing di pasar global dan dapat menginspirasi UMKM lain untuk berkembang.

Sementara itu, Ketua LPK Unmer Malang dan Dewan Pengarah MWPM, DR Praptining Sukowati SH Msi, menjelaskan bahwa Unmer merupakan satu-satunya Universitas yang memiliki LSP tingkat Nasional. Beliau menjelaskan bahwa dalam acara ini diadakan pra-assessment, pemberian sertifikasi, dan setelah itu akan dilaksanakan pelatihan pendampingan hingga pemasaran.


Sumber : Tim MEDSOS | Dinas Kominfo