Detail Berita

Panen Perdana Bawang Putih Lokal Sukses!


11-09-2019


Gapoktan Mitra Arjuna Desa Tulungrejo (Poktan Tani Maju 01) melakukan panen perdana bawang putih hari ini (10/9/2019). Dari luas lahan sekitar 8000 M, diperkirakan hasil panen mencapai 8 Ton. 

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mitra Arjuna, Luki Budiarti menjelaskan bahwa ini merupakan upaya pemerintah membangkitkan kembali kejayaan bawang putih nasional lewat target swasembada bawang putih pada 2021. Karena itu, beliau dengan bantuan dari Dinas Pertanian Kota Batu dan  Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur dan Malang Raya, mulai menanam Bawang Putih Lokal dengan cara organik yang ramah lingkungan. Dengan keberhasilan panen ini, nantinya akan diimplementasikan ke gapoktan lain yang siap untuk ditanami bawang putih. 

Sedangkan Kepala Grup Kantor Perwakilan BI Jatim, Amanlison Sembiring menjelaskan dengan masyarakat dan gapoktan yang semangat bisa dihasilkan panen bawang putih yang sukses. Beliau berharap dengan adanya panen bawang putih ini, masyarakat bisa swasembada bawang putih dan tidak perlu membeli bawang impor. 

Kepala Grup Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan A menambahkan, dengan metode organik, hasil panennya besar dan menurunkan biaya produksi. Jika biaya produksi turun dan hasil panen naik, diharapkan masyarakat lebih semangat menggunakan metode organik yang ramah lingkungan dan menular ke petani yang lain.


Sumber : Tim MEDSOS | Dinas Kominfo