Berita

Bahas Kebijakan Global, LLDIKTI Gelar RAKERPIM PT 2019


04-11-2019


Sebagai upaya menyukseskan implementasi tri dharma perguruan tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi (RAKERPIM PT) di Singhasari Resort Batu, Rabu (30/10).

Raker kali ini mengambil tema “Pendidikan Tinggi yang Bermutu, Terbuka dan Fleksibel Menuju Sumber Daya Unggul”. Pertemuan tahunan ini akan membahas terkait informasi, kebijakan dan program-program terbaru dalam perguruan tinggi.

Walikota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko mengatakan senang atas dipilihnya Kota Batu sebagai tempat diadakannya RAKERPIM. Akademisi di Kota Batu juga memiliki peran dalam pembangunan dan kemajuan daerah.

“Pembangunan di Kota Batu tidak lepas dari peran akademisi, Kota Batu juga telah memiliki banyak MOU dengan universitas” Tuturnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VII. Prof. Suprapto mengatakan, pertemuan ini tidak hanya membahas kebijakan dan program terbaru, namun juga menghimpun pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif dari pimpinan perguruan tinggi.

“Jawa Timur memiliki tidak kurang dari 18.114 Dosen, ini merupakan angka yang cukup besar. Dalam pertemuan ini nantinya akan dihimpun pemikiran kreatif dan inovatif yang akan dikemas untuk diimplementasikan” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, hadirnya perguruan tinggi menjadi bagian penting untuk mengetahui skill (keahlian) apa yang mengalami pertumbuhan dan penurunan saat ini.

“Dalam pertemuan ini membahas bagaimana complex problem solving, dimana dilakukan identifikasi skill apa yang sedang growing (pertumbuhan) dan skill apa yang mengalami declaining (penurunan) akan terkonfirmasi” tuturnya.

Harapannya dengan diadakannya pertemuan ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk kebijakan dan pembangunan secara global.


Sumber : Tim MEDSOS | Dinas Kominfo