Berita

Pengukuhan Dekranasda 2017-2022, Arumi Bachsin pesan agar Produk Kota Batu Go Internasional!


03-12-2019


Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batu periode 2017-2022 dilantik oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Batu, Senin (2/12/2019).

Pengurus Dekranasda Kota Batu dipimpin oleh istri Wakil Wali Kota yang juga menjadi Ketua TP PKK Kota Batu, Wibi Asri. Sedangkan Ketua Harian dijabat oleh Eko Suhartono, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu. Pelantikan pengurus Dekranasda ini juga dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin.

Wali Kota Batu, Dewanti, menyampaikan kondisi UMKM dan IKM serta Kerajinan di Kota Batu, beliau menyadari bahwa pengrajin di Kota Batu masih butuh di support dan didukung oleh pemerintah. Salah satunya dengan mewajibkan penggunaan batik Batu untuk guru dan ASN yang berdinas keluar Kota. 

Selain itu, Dewanti menginginkan Pengrajin Kota Batu bisa difasilitasi untuk mengikuti pameran industri kreatif berskala besar seperti Inacraft. Karena, dalam pameran tersebut tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan karya pengrajin Kota Batu, namun juga dapat menjadi inspirasi bagi pengrajin di Kota Batu..

Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin, menyampaikan Kota Batu  mempunyai potensi besar untuk menjadi kota industri kreatif. Istri Wakil Gubernur Jatim ini juga mengingatkan tugas Dekranasda adalah bermitra dengan pemerintah daerah, dalam menjalankan visi misi Pemerintah. Beliau juga mengapresiasi Kota Batu dalam memanfaatkan peluang dan menolak keras industri besar berdiri di Kota Batu, dan menitik beratkan pada UMKM dan IKM. 

Beliau berharap kedepannya, pengrajin Kota Batu dapat menghasilkan produk yang berkarakter lokal, harga kompetitif dan mampu bersaing hingga jenjang internasional.


Sumber : Tim MEDSOS | Dinas Kominfo