Berita

Penguatan Ekonomi Daerah, Pemkot Batu Gelar Rakor Pengendalian Inflasi


05-12-2019


Jalin sinergi dan inovasi pengendalian inflasi untuk penguatan ekonomi daerah, Pemerintah Kota Batu melalui Bagian Ekbang Setda Kota Batu bersama Bank Indonesia Perwakilan Kota Malang dan BPS Kota Batu menggelar Rapat Kordinasi di Kartika Hall El Royal Kartika Hotel, Selasa (3/12).

Dalam mengukur kemajuan suatu bangsa ada beberapa indikator penting, salah satunya adalah inflasi. Indikator selanjutnya adalah tingkat kemiskinan dan pengangguran. Jika inflasi terkendali maka tingkat kemiskinan bisa menurun karena harga bahan makanan yang masuk dalam Indeks Harga Konsumen (IHK) terkendali.

Wakil Wali Kota Batu, H. Punjul Santoso menuturkan peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama pemerintah dan stakeholder memiliki peran penting dalam pengendalian inflasi dan penguatan ekonomi daerah.

"Kehadiran kita semua disini sangat penting, tantangan pengendalian inflasi masih ckup berat, saya harap rakor kali ini dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi strategis" Tutur Wakil Wali Kota.

H. Punjul Santoso menambahkan jika fokus pengendalian inflasi daerah saat ini memiliki empat poin, yakni: Ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi yang efektif.

"Menjelang natal dan tahun baru tahun ini, saya harap ketersediaan pasokan dan harga bahan pokok aman, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat" imbuhnya.

Rakor kali ini turut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kota Malang, Kepala BPS Kota Batu, Kepala Ekbang Kota Batu, Kabag Perekonomian Kabupaten Malang serta Satgas Pangan, Migas dan Bulog


Sumber : Tim MEDSOS | Dinas Kominfo