Berita

Peringatan Hari Nusantara, HBN, HKSN dan Hari Ibu, Pemkot Batu Gelar Upacara


27-12-2019


Memperingati Hari Nusantara, Hari Bela Negara (HBN), Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Ibu tahun 2019, Pemerintah Kota Batu menggelar Upacara di Halaman Timur Balaikota Among Tani, Senin (23/12).

Dalam upacara kali ini, seluruh ASN dan peserta Perempuan memakai baju adat nusantara. Selain itu, semua yang bertugas dalam upacara adalah ASN perempuan di lingkungan pemerintah Kota Batu. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kajari Kota Batu, Sri Heny Alamsari, S.H. M.Hum.

Peringatan Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Selain itu, peringatan Hari Bela Negara juga digelar dalam rangka mengenang jasa pahlawan dan pejuang mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional juga diperingati untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat dalam mempertahankan NKRI.

"Tema HKSN tahun ini adalah 'Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas'. Dengan semangat 'Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas', Perbedaan bukan hambatan, perbedaan bukan sumber perselisihan, namun perbedaan adalah sumber kekayaan dan kekuatan bangsa" tutur Kajari Kota Batu.

Upacara kali ini juga menjadi momentum peringatan Hari Ibu untuk mengenang jasa dan peran perempuan sebagai Ibu bangsa yang ikut dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu, perempuan juga berperan sebagai Ibu dalam keluarga dan memiliki tugas mulia mempersiapkan generasi bangsa.

Harapannya, peringatan ini menjadi momentum untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat dalam menjaga NKRI dan mewujudkan cita-cita bangsa.


Sumber : Tim MEDSOS | DInas Kominfo