Berita

Peluncuran Buku, Walikota Batu Bacakan Puisi Karya Sindhunata


31-12-2019


Dua Buku karya seniman nasional asal Kota Batu, Dr. Gabriel Possenti Sindhunata, S.J berjudul Air Kejujuran dan Air Kata-Kata resmi dirilis di Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu, Sabtu (28/12) malam.

Rimo Sindhunata merupakan redaktur majalah kebudayaan "BASIS". Masa kecilnya hingga tamat SMA, ia tinggal di kampungnya yang di kaki Gunung Panderman.
Sindhunata pernah pula bekerja sebagai wartawan Harian Kompas, menulis komentar tentang sepak bola, dan berbagai masalah kebudayaan. Namun Sindhunata lebih dikenal sebagai penulis.

Acara peluncuran buku ini diiringi penampilan musikalisasi puisi oleh Seniwati Malang Raya. Selain itu, pembacaan puisi dari seniman malang raya turut memeriahkan acara.

Romo Sindhunata, sapaan akrab Dr. Gabriel Possenti Sindhunata, S.J mengatakan, ditengah-tengah kemajuan pariwisata di Kota Batu, seniman Kota Batu harus terus berkomitmen dengan keseniannya.

"Cita-cita seniman di Kota Batu, Batu tidak hanya menjadi Kota Wisata, tetapi juga menjadi Kota budaya dan seni" Tuturnya.

Sebelumnya, kegiatan peluncuran ini juga diisi dengan workshop penulisan buku. Dengan harapan, akan lahir 100 karya sastra dan buku dari Kota Batu untuk Hari Jadi Kota Batu ke 19 mendatang.

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko dalam kesempatan ini turut membacakan puisi Sindhunata berjudul Batu yang diam.

Dalam sambutannya, Walikota mengajak seluruh seniman, seniwati dan dinas terkait untuk berkomitmen dan bersinergi dalam mewujudkan 100 buku untuk Kota Batu.

"Seratus buku untuk Ulang Tahun Kota Batu ke 19 harus bisa terwujud" Tutur Walikota.

Acara ini turut dihadiri Pegiat literasi, Bapak Bandung Mawardi dari Bilik Literasi Solo, Forkopimda Kota Batu serta Seniman dan Seniwati Malang Raya.


Sumber : Tim MEDSOS | Dinas Kominfo