Berita

Pemkot Batu Tanam 600 Pohon di Alaska


15-09-2020


Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kota Batu melakukan penghijauan dengan menggelar aksi penanaman pohon bersama masyarakat Desa Pesanggrahan di Alas Kasinan (Alaska) Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Jumat (11/09) pagi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan Kasinan sebagai kawasan hutan lindung ekologi dan area resapan air. Sebanyak 600 pohon telah ditanam.

Walikota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan tindak lanjut rencana pengembangan kawasan Alaska sebagai objek wisata.

"Sembari menunggu kajian dari aspek yuridis dan teknis dari pengembangan kawasan Alaska sebagai objek wisata, maka sementara waktu kegiatan wisata di areal ini harus dihentikan terlebih dahulu" kata Walikota.

Sementara itu Kajari Batu, Dr Supriyanto,SH dalam kesempatan ini menyarankan kepada Pemkot Batu untuk mempertimbangkan dua aspek yaitu aspek yuridis dan aspek teknis.

"Aspek yuridis dimaksudkan apakah kedepan boleh apa tidak, kita kaji bersama yang melibatkan stakeholder, baik Pemkot, TNI/Polri dan masyarakat. Sedangkan, Aspek teknis, akan melibatkan akademisi dan pakar terkait dengan lingkungan. Yang nantinya bisa diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat" jelasnnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi mengatakan bahwa kelestarian lingkungan memang perlu dipertahankan. Perlu dibangun komunikasi dengan semua elemen.

"Harapannya ada aturan yang jelas, jangan sampai masyarakat untung tapi lingkungan tidak,"katanya.


Sumber : Dinas Kominfo