Berita

Pastikan Penduduk Tercover JKN-KIS, Pemerintah Kota Batu Launching Universal Health Coverage (UHC)


15-10-2020


Walikota Batu, Dewanti Rumpoko secara resmi me-launching program Universal Health Coverage (UHC) sekaligus menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada peserta yang dijamin oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, di Kampung Lumbung Rabu (14/10/2020).

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini merupakan hadiah HUT Kota Batu yang ke -19. “Akhirnya setelah 19 tahun baru bisa memberikan fasilitas kesehatan gratis untuk Kota Batu” Jelas Dewanti.

Beliau juga mengajak untuk menjaga kesehatan Dengan tercapainya UHC ini kesetaraan dalam akses pelayanan semua orang berhak terhadap pelayanan kesehatan. Selain itu, kualitas pelayanan kesehatan juga harus dipertahankan, jangan sampai masyarakat jatuh miskin karena biaya sakit.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dr. Dina Diana Permata dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkot Batu atas kepedulian terhadap seluruh masyarakat dan terwujudnya program UHC.

Secara umum UHC merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Terdapat dua elemen inti dalam UHC yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan.

Secara definisi, ada tiga tujuan dari UHC, antara lain:

1. Kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan, semua orang akan mendapatkan layanan yang mereka butuhkan, tidak hanya terbatas bagi mereka yang dapat membayar layanan tersebut;
2. Kualitas layanan kesehatan yang diberikan harus cukup baik sehingga kondisi kesehatan penerima layanan akan semakin baik;
3. Masyarakat terlindungi dari risiko finansial, memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan tidak akan memberikan pengaruh secara signifikan pada kondisi keuangan penerima layanan.


Sumber : Dinas Kominfo