Berita

Penyampaian Raperda Penataan Desa, Kelurahan dan Kecamatan Kota Batu untuk Pemerataan Pembangunan


15-10-2020


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu menggelar Rapat Paripurna Teleconference untuk menyampaikan Raperda Penataan Desa, Kelurahan, dan Kecamatan di Kota Batu pada hari Rabu (14/10/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Batu menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Kota Batu, diperlukan pemekaran dan pembentukan wilayah baru. Salah satunya adalah pembentukan Desa Persiapan Junggorejo yang akan disiapkan menjadi desa definitif bila sudah memenuhi syarat sebagai desa.

Beberapa usulan pemekaran Desa, Kelurahan dan Kecamatan adalah sebagai berikut.  

Di tingkat Kelurahan, Kelurahan Sisir dimekarkan menjadi 2 kelurahan, yaitu Kelurahan Sisir dan Kelurahan Meduran. Sedangkan Temas menjadi 2 Kelurahan, yaitu Kelurahan Temas dan Kelurahan Temas Kulon.

Di tingkat Kecamatan, Kecamatan Batu menjadi 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Batu dan Kecamatan Pesanggrahan.

Kecamatan Batu terdiri dari Kelurahan Sisir, Kelurahan Meduran, Kelurahan Temas, Kelurahan Temas Kulon dan Desa Oro-oro Ombo.

Kecamatan Pesanggrahan terdiri dari Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Songgokerto, Desa Pesanggrahan, Desa Sumberjo dan Desa Sidomulyo.

Sedangkan, Kecamatan Bumiaji akan dimekarkan menjadi 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Hulu Brantas.

Kecamatan Bumiaji meliputi Desa Bumiaji, Desa Pandanrejo, Desa Giripurno, Desa Bulukerto dan Desa Sumbergondo.

Kecamatan Hulu Brantas terdiri dari Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, Desa Punten, Desa Gunungsari dan Desa Persiapan Junggorejo


Selain mengurangi kehadiran fisik peserta, rapat Paripurna ini memberlakukan protokol pencegahan pandemi virus Covid-19  dan disesuaikan dengan aturan physical distancing dan  sosial distancing. Peserta rapat wajib di cek suhu tubuh, wajib membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dan memakai masker. Kemudian menggunakan teleconference dari ruangan kantor masing-masing.


Sumber : Dinas Kominfo