Berita

BUMDes Award ITS 2020, 2 BUMDes Kota Batu Jadi Pemenang


12-11-2020


Dua Desa di Kota Batu berhasil meraih BUMDes Award ITS 2020. Penghargaan ini merupakan bentuk nyata kontribusi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam pengembangan desa.

Penganugrahan BUMDes Award 2020 digelar secara virtual dan diikuti Wali Kota Batu melalui Video Conference di Rumah Dinas Walikota Batu, Rabu (11/11).

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko merasa bangga, dua desa di Kota Batu bisa menjadi pemenang, yakni BUMDES Rejeki Barokah Desa Sumbergondo dan BUMDes Raharjo Desa Pandanrejo yang menjadi juara 2 dan 3 kategori social media dan digital marketing.

"Kami bersyukur karena BUMDes itu mempunyai SDA, SDM yang relatif bagus. Oleh sebab itu, bantuan dan kerjasama dari akademisi ini akan menjadi tenaga baru supaya BUMDes nantinya bisa mandiri dan bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan didesanya masing masing" kata Wali Kota.

Hasil ini merupakan seleksi dari 6000 BUMDes di Jawa Timur, yang kemudian terpilih 40 penerima penghargaan untuk menjadi mitra ITS dan Pemprov Jawa Timur selama tiga tahun ke depan.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari M Eng mengatakan bahwa BUMDes memang harus dikelola dengan sebaik baiknya karena kalau tidak maka akan diisi oleh bisnis yang lain yaitu swasta.

Sesuai Visi dan Misi Kota Batu untuk mewujudkan Desa Berdaya, Kota Berjaya. Harapannya, dengan adanya BUMDes ini dapat mengoptimalkan potensi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Sumber : Dinas kominfo