Berita

Pembukaan Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2020 oleh Presiden secara Virtual


19-11-2020


Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat koordinasi nasional (rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa 2020 melalui teleconference, Rabu (18/11/20). Walikota Batu, bersama dengan Kepala Dinas Kominfo dan Bagian Layanan Pengadaan bertempat di Command Center Smartcity Balaikota Among Tani Kota Batu.

Acara tahunan ini dihelat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa tahun ini memiliki tema 'Transformasi digital dan Profesionalisme SDM pengadaan barang/jasa pemerintah'. Acara dimulai tepat pukul 10.30.

Acara dimulai dengan laporan dari Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Dr. Ir. Roni Dwi Susanto., M.Si. Beliau menjelaskan, bahwa acara ini selain membicarakan tentang evaluasi pengadaan, juga sebagai ajang apresiasi untuk pengurus Barang dan Jasa Pemerintah seluruh Indonesia.

Beliau menyorot tentang rendahnya realisasi pengadaan. Hal ini membuat Pemerintah Pusat dan Pemda untuk berinovasi dalam pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, Presiden Jokowi menekankan pada Pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pengolahan data pengadaan. Kemudian beliau berpesan pada Aparat hukum untuk pencegahan, lebih proaktif serta melakukan penindakan yang setegas-tegasnya pada penyelewengan.

Jokowi juga menjelaskan bahwa sistem pengadaan jasa harus meningkatkan value for money dan menambah nilai tambah bagi masyarakat. Caranya dengan meningkatkan pembelian produk dalam negeri terutama produk UMKM. LKPP harus aktif memasukkan produk UMKM dalam ekatalog sehingga angka Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dapat ditingkatkan.

Acara Rakernas Pengadaan 2020 diselenggarakan selama 2 hari mulai dari 18 November hingga 19 November. Rakernas Pengadaan 2020 kali ini dilaksanakan secara hybrid  yaitu online dan offline. Diikuti oleh 2813 orang peserta dari seluruh Indonesia.


Sumber : Dinas Kominfo