Berita

Evaluasi Smart City Kota Batu Dalam Rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2020


27-11-2020


Bertempat di Ruang Rapat Utama  lantai 5 Balaikota Among Tani Kota Batu, dilaksanakan vidcon kegiatan Penilaian Evaluasi Tahap 1 dalam rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2020 dengan Panel Penilai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan, Kamis (26/11/20).

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko memaparkan masterplan, payung hukum dan aktivitas Smart City di Kota Batu.

Pemerintah Kota Batu sudah menyusun masterplan smart city yang berperan penting dalam menentukan arah, kebijakan dan regulasi dalam program pendukung pembangunan. Terdapat enam dimensi yang akan dibangun dan saling berkaitan satu dengan yang lain yakni, smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2020 bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Konsep smart city membuat layanan pemerintah dapat lebih cepat, serta berdampak kepada masyarakat. Dengan menggunakan teknologi, diharapkan  dapat meningkatkan produktivitas daerah dan daya saing ekonomi.


Sumber : Dinas Kominfo