Berita

Peringatan Hari Bhakti PUPR ke 75, Tanam Pohon dan Biopori


03-12-2020


Dalam Rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementrian PUPR melakukan penanaman bibit pohon dan pemasangan Biometri di Kampung Wisata De Berran, Oro-Oro Ombo, Selasa (1/12) pagi.

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas,Dr. M. Rizal.Msc mengatakan, Penanaman pohon ini penting dilakukan untuk menjaga lingkungan dan konservasi mata air.

"Gerakan ini sangat penting dilakukan, karena sepanjang tahun pasti mengalami hujan dan kemarau, musim hujan seringkali terjadi banjir, dan ketika kemarau bisanya kekeringan, dengan konservasi air ini kita bisa menghindari banjir" katanya.

Kota Batu dipilih sebagai bentuk apresiasi karena telah melakukan konservasi lingkungan.

"Batu dipilih karena kami mengapresiasi semangat masyarakat Desa Oro-oro ombo untuk menjaga lingkungan dan konservasi mata air, dari daerah yang awalnya tempat pembuangan sampah sekarang jadi desa wisata" kata M.Rizal.

Sementara itu, Wakil Walikota Batu, H. Punjul Santoso mengatakan Kota Batu merupakan hulu sungai brantas yang harus dijaga kelestarian.

"Kelestarian sumber air di Kota Batu harus dijaga keberadaannya, karena Batu merupakan Hulu Sungai Brantas yang mengaliri berbagai daerah dibawahnya" kata H. Punjul Santoso.


Sumber : Dinas Kominfo