Berita

Tiga Pokdarwis Kota Batu Raih Penghargaan di Jambore Desa Wisata Jatim 2020 


11-12-2020


Sebanyak 38 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari Provinsi Jawa Timur ikut berpartisipasi dalam Jambore Desa Wisata dan Pokdarwis Jawa Timur 2020. 

Jambore kali ini digelar selama tiga hari, yakni mulai 3-5 Desember 2020 di Area Parkir Jawa Timur Park 3 Kota Batu. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jatim, Sinarto mengatakan Jambore ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi dan kearifal lokal setiap daerah untuk menjadi destinasi wisata. 

"Kami ingin membuat kearifan lokal menjadi destinasi wisata, harapannya ekonomi masyarakat berbasis pariwisata bisa berjalan dengan baik dan optimal", kata Sinarto. 

Jambore kali ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari lomba video kreatif, pameran, sarasehan, presentasi bisnis dan diskusi bisnis. 

Dalam Jambore tahun 2020 ini, Tiga Pokdarwis Kota Batu, yakni Desa Bumiaji, Desa Punten dan Desa Sumbergondo berhasil meraih penghargaan Dewi Cemara (Dewa Wisata Cerdas, Mandiri dan Sejahtera). 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang hadir secara virtual dalam sambutannya mengatakan Desa Wisata dapat membawa manfaat untuk sektor-sektor lain, salah satunya adalah UMKM dan tenaga kerja. 

"Dengan adanya kegiatan ini kita bisa saling mengkaji dan menguatkan, sehingga Desa Wisata dapat berkembang dan memberikan multiplayer effect untuk sektor lainnya", kata Gubernur. 

Jambore ini turut dihadiri oleh Wali Kota Batu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur, Kepala Desa serta Anggota Pokdarwis se-Jatim.


Sumber : Dinas kominfo