Berita

Pacu Kinerja OPD di Tengah Pendemi, Pemkot Batu Beri Penghargaan Pada OPD


17-02-2021


Batu, Diskominfo - Pandemi Covid-19 rupanya tidak menyurutkan semangat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Batu, untuk dapat meningkatkan kinerja dan kapasitasnya. Khususnya terkait pelayanan publik. Beragam prestasi dan inovasi telah dilakukan setiap OPD disepanjang tahun 2020. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang berhasil diraih setiap OPD. 

 

Apresiasi tersebut disampaikan dalam acara “Penyerahan Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) SKPD dan Penghargaan Top 5/Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dilingkungan Pemerintah Kota Batu Tahun 2020,” yang berlangsung di Hall Hotel Aston Inn Kota Batu, Rabu pagi (17/2). Dari 29 OPD yang ada, sebanyak 19 OPD mendapatkan predikat BB (Sangat Baik) dan 10 OPD mendapatkan predikat A (Memuaskan).

 

“Tujuan kita dalam kompetisi ini adalah bagaimana inovasi yang ada itu dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kalaupun inovasi ini bisa mendapat penghargaan maka itu bonus. Oleh karenanya kami mengajak setiap jajaran Pemerintah Kota Batu, untuk dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain baik dalam lingkup Jawa Timur maupun luar Jawa Timur,” kata Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur, M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si dalam sambutannya. 

 

Dalam acara ini, penghargaan pertama untuk Top 5 diraih oleh Diskominfo dan LPPL ATV dengan judul “TV Desa”. Selanjutnya penghargaan kedua di raih oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan judul “ADIARTA (Alih Media Arsip Tanah)”. Penghargaan ketiga diraih oleh BKPSDM dengan judul “AMONG ABDI PRAJA (Aplikasi IT Kepegawaian)”. Penghargaan keempat diraih oleh DP3AP2KB dengan judul “PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga Bakti Pertiwi)”, dan penghargaan kelima diraih oleh Dinas Pendidikan dengan judul “Ada Kelas di ATV.” 

 

Ada pula nominasi yang diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam “Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2020” dengan judul “PENAKK PKK (Pelayanan Akte Kelahiran Kolektif oleh PKK).” Sementara untuk ajang ‘Pendukung Inovasi Pelayanan Publik Kota Batu’ diraih LPPL ATV, yakni “Best Support Inovasi Pelayanan Publik Kota Batu Tahun 2020.” 

 

“Harapannya dari peningkatan kerja keras dan fokus, setiap OPD dapat melahirkan inovasi yang mampu diandalkan ke tingkat Jawa Timur bahkan di Nasional nantinya, seperti PENAKK PKK 2020 lalu dan untuk tahun 2021 mungkin dari TOP 5 tersebut. Mudah-mudahan bisa tembus, doakan saja,” kata Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si.

 

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Elasani, Dimas)


Sumber : Dinas Kominfo Kota Batu