Berita

Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi di Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Kota Batu!


22-02-2021


 

 

BATU,Diskominfo - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kota Batu diselenggarakan di TPA Tlekung, Kec.Junrejo, Minggu (21/2/2021). Acara ini merupakan rangkaian acara peringatan HPSN 2021 yang dilaksanakan dari 21 Februari sampai tanggal 28 Maret 2021. 

 

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, bersama Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, Forkopimda dan Kepala Dinas terkait dilingkungan Pemkot Batu, serta berbagai organisasi peduli lingkungan Kota Batu.  

 

Dalam acara ini, Walikota Batu menjelaskan bahwa permasalahan sampah tidak bisa diselesaikan sendirian. Dibutuhkan kerjasama dari seluruh pihak agar permasalahan sampah bisa diselesaikan.

 

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu, Aries Setyawan menyampaikan bahwa Peringatan HPSN 2021 mengambil tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Dengan tiga tujuan yaitu memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

 

Kedua, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah.

 

Kemudian tujuan ketiga, memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan bagi pekerja Lingkungan, Peninjauan Lokasi Instalasi Pengolahan Lindi dan Penyemprotan Eco Enzyme dilokasi sampah TPA.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Batu