Berita

Studi Wisata Kota Batu, Walikota Batu Terima Kunker Bupati Pangandaran


26-03-2021


 

 

Sebagai Kota kecil di Jawa Timur, Kota Batu mampu menjadi destinasi wisata primadona yang dikunjungi berbagai wisatawan nusantara. Data Dinas Pariwisata Kota Batu tahun 2019 mencatat, kunjungan wisatawan ke Kota Batu mencapai 7,2 juta.

 

Hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat melakukan kunjungan Kerja ke Kota Batu, Jumat (26/03) pagi.

 

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko bersama Wakil, H. Punjul Santoso dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Batu menyambut dengan Baik kedatangan Rombongan Pemkab Pangandaran di Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani.

 

"Selamat datang di Kota Batu, Kota Batu tahun ini akan berusia 20 tahun, hanya memiliki tiga kecamatan yang terdiri dari 19 desa dan 5 kelurahan. Alhamdulillah sebelum pandemi, tahun 2019 kami menerima kunjungan 7,2 juta wisatawan" kata Wali Kota.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arif As Sidiq memaparkan, kunjungan wisata di Kota Batu selama pandemi mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

 

"Sektor Pariwisata di Kota Batu juga ikut terdampak akibat adanya pandemi, Kunjungan wisata di Kota Batu tahun 2020 turun menjadi 2,4 juta wisatawan" kata Arif.

 

Pemerintah Kota Batu juga terus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata dengan berbagai strategi, salah satunya rebranding Pariwisata.

 

"Sejak adanya pandemi ini, kami melakukan rebranding kepariwisataan dengan mengkampanyekan pariwisata yang bersih, sehat, aman dan ramah dengan penerapan protokol kesehatan" imbuh Arif.

 

Arif menambahkan, stategi lain yang dilakukan antaran lain dengan mendorong investasi pariwisata, pengembangan destinasi wisata, pengembangan kebudayaandan pengembangan ekonomi kreatif.

 

Sementara itu, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata berharap, kunjungan ini dapat memberikan wawasan untuk perencanaan pembangunan pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

 

"Melihat capaian pembangunan di Kota Batu, kita ingin belajar untuk rencana pembangunan di Kabupaten Pangandaran" kata H. Jeje.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Batu