Berita

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


01-06-2021


Batu, Diskominfo - Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2021, Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, bersama Forkopimda mengikuti upacara bendera secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu, Selasa (1/6) pagi.

Upacara dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan diikuti oleh TNI, Polri, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa peringatan Hari Pancasila harus dimanfaatkan untuk memperkokoh nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Walaupun Pancasila sudah menyatu dengan kita sejak jaman perjuangan, tantangan yang dihadapi tidak ringan. Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan," kata Jokowi.

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila demi mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

Salah satu hal yang berbeda dalam upacara kali ini, seluruh peserta upacara mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia, tidak terkecuali Wali Kota Batu yang mengenakan Baju Adat Lampung.

"Baju daerah yang kita pakai ini tidak hanya untuk mensiarkan keragaman budaya yang kita miliki, tapi juga memperkenalkan yang kita punya. Terutama kepada generasi muda," kata Dewanti Rumpoko.

 


Sumber : Dinas Kominfo Kota Batu