Berita

Kegiatan Vaksinasi Akan Dihentikan Sementara


15-07-2021


Batu, Diskominfo - Pemerintah Kota Batu masih terus melakukan vaksinasi kepada warganya. Salah satunya seperti yang dilakukan di Puskesmas Batu, Rabu (14/7) pagi. Kegiatan yang sama juga dilakukan di puskesmas ini pada Sabtu lalu, dengan menyediakan 200 vaksin sinovac untuk warga yang mendaftar melalui Google Form.

Sama seperti sebelumnya, para peserta vaksinasi harus mengikuti screening kesehatan sebelum divaksin seperti cek tekanan darah dan lainnya. Setelah divaksin, mereka diberi obat Paracetamol untuk antisipasi jika terjadi efek samping seperti demam, mual atau pusing.

Terkait kegiatan vaksinasi ini, salah satu petugas dari Dinas Kesehatan, Monica, mengatakan bahwa pendaftaran dan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis pertama akan dihentikan sementara dalam minggu ini hingga vaksin kembali tersedia.

“Bagi warga yang sudah mendaftar, dimohon bersabar menunggu informasi selanjutnya perihal waktu dan tempat pelaksanaan vaksinasi. Bagi warga yang belum mendaftar, pendaftaran dapat dilakukan melalui Ketua RT setempat. Pendaftaran melalui link Google Form akan kembali dilakukan jika vaksin sudah tersedia lagi,” ungkap Monica.

Sementara itu, Setiono, salah satu petugas vaksinasi yang juga merupakan seorang perawat di Puskesmas Batu, mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi memang tidak bisa dipastikan jadwalnya.

“Sesuai perintah dari Dinkes, kalau ada vaksin datang, kita siap. Pokoknya gitu. Gak bisa dipastikan jadwalnya kapan, itu gak bisa dipastikan,” kata Setiono.

Ada beberapa persyaratan untuk mengikuti vaksinasi, antara lain pendaftar tidak boleh mengisi data lebih dari sekali di Google Form untuk menghindari duplikasi data. Bagi warga dengan KTP luar Kota Batu, dapat menggunakan surat keterangan domisili dari RT/RW setempat. Pendaftar minimal berusia 12 tahun. Untuk anak usia dibawah 18 tahun, jika belum memiliki KTP, dapat diisi dengan NIK sesuai KTP/KTA/KK.


(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan Syamsuri)


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu