Berita

Walikota Batu Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021 secara Virtual


01-10-2021


Batu, Diskominfo - Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu H. Punjul Santoso dan juga Forkopimda Kota Batu, mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu, Jumat (1/10).

 

Mengusung tema, “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”, Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur ini.

 

Upacara ini juga turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ketua DPR RI Puan Maharani juga diagendakan mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

Pada kesempatan ini, Wali Kota Batu menjelaskan bahwa makna dari Hari Kesaktian Pancasila adalah Indonesia bisa bangkit karena persatuan dan kesatuan serta nilai-nilai pancasila.

 

“Untuk itu Pancasila harus terus dijaga untuk menjadi pegangan,” kata Wali Kota.

 

Hari Kesaktian Pancasila sendiri diperingati sejak 1966. Pada 17 September 1966, Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto menerbitkan surat agar seluruh pasukan memperingati hari tersebut.

 

Pada masa pemerintahan orde baru, upacara Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada 1 Oktober 1966 untuk mengingat peristiwa G-30S/PKI.

 

 

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko, Diki) adm:udha


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu