Berita

Walikota Batu Serahkan Penghargaan Maestro Batik Kepada Lina Santoso


06-10-2021


*Walikota Batu Serahkan Penghargaan Maestro Batik Kepada Lina Santoso*

 

Memperingati Hari Batik Nasional dan Hari Ulang Tahun Kota Batu ke 20, Walikota Kota Batu bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batu memberikan Penghargaan Kepada Maestro Batik Ibu Lina Santoso.

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Walikota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko di Kediaman Ibu Lina Santoso di Jln. Raya Pandanrejo, Bumiaji, Rabu (6/10).

 

Lina Santoso merupakan Pembatik Kota Batu yang memiliki ciri khas motif pakem seperti Kawung, Sekar Jagat dan Gringsing.

 

Pemberian penghargaan ini juga tidak lepas dari kontribusi Lina Santoso yang telah melestarikan Batik dan mengajarkannya kepada generasi muda untuk membatik.

 

"Ibu Lina ini Maestro Batik baik hati yang tidak segan menurunkan ilmunya kepada lainnya, pembatik-pembatik yang saat ini ada di Kota Batu banyak yang belajar dari beliau" kata Walikota.

 

Walikota Batu optimis, bahwa Batik Kota Batu memiliki prospek bisnis yang bagus karena memiliki keunikan dan ciri khas yang tidak dimiliki daerah lainnya.

 

"Batik Batu punya prospek untuk menjadi bisnis yang menjanjikan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, saya harap semua warga Kota Batu bisa mencintai dan menghargai batik, khususnya batik yang dibuat Pengrajin Kota Batu" imbuh Walikota.

 

Sementara itu, Penerima Penghargaan Batik Kota Batu, Lina Santoso mengaku senang atas penghargaan yang diberikan.

 

"Saya merasa senang, Batik ini merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan dan diperkenalkan kepada anak-anak agar bisa diteruskan" katanya.


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu