Berita

Wujudkan Satu Data Indonesia, Pemkot Batu Gelar Forum Group Discussion


13-10-2021


Batu, Diskominfo - Sebagai upaya penyediaan Data Statistik Sektoral Kota Batu yang berkualitas, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu menggelar Forum Group Discussion bersama Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Batu di Gedung Balaikota Among Tani, Selasa (13/10) pagi.

 

Satu Data Indonesia (SDI) merupakan Kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaiakan antar Instansi Pusat dan Daerah.

 

Kepala Bidang Data dan Statistik Dinas Kominfo Kota Batu, Wiwit Anandana, SE mengatakan untuk saat ini, data disetiap OPD Kota Batu masih ada di masing-masing Dinas, dengan adanya database, semua data di OPD Pemkot Batu akan terkumpul menjadi satu data yang tersinkronisasi.

 

“Kita bentuk sebuah aplikasi untuk mengelola data, agar data di semua Dinas bisa terkoneksi, masing-masing data disetiap OPD nantinya akan tersingkronisasi menjadi satu data” Katanya.

 

Adanya satu data ini juga mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

 

“Satu data yang terkumpul akan kita koordinasikam dengan Badan Pusat Statistik, dari BPS nanti akan merekomendasikan, mana data yang bisa di share dan tidak, sehingga masyarakat luas mengetahui data OPD yang sudah terferivikasi” imbuh Wiwit.

 

Harapannya, dengan adanya satu data ini bisa mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutahir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat, daerah dan masyarakat.


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu