Berita

Workshop Pengembangan TV Desa Semarakkan Festival TV Desa


25-11-2021 00:00:00


 

Kegiatan workshop mengawali digelarnya Festival TV Desa yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu. Workshop berlangsung selama dua hari mulai 23-24 November 2021, di GOR Gajahmada Kota Batu. 

 

Workshop diikuti oleh para penggiat TV Desa se-Kota Batu pada hari pertama dan para pelajar tingkat SMA, SMK, dan MA se-Malangraya pada hari kedua. Sebagian besar peserta workshop merupakan peserta dari Festival TV Desa.

 

Workshop ini menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya. Diantaranya adalah Bambang Pur dari Kompas TV Surabaya, dan Nicolaus Wayong Kabelum dari ITB Asia Malang. Workshop ini merupakan wadah untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman tentang pembuatan video liputan, film pendek dan lainnya.

 

Menurut Wayong, dari segi teknis, hasil karya yang sudah disetorkan oleh para peserta Festival TV Desa, baik yang berasal dari penggiat tv desa maupun para pelajar, sudah cukup bagus. Baik dari sisi komposisi, angle, maupun akting sudah bagus. Namun ada sedikit kelemahan di sisi story driven, yaitu penguatan di karakter tokoh utamanya. Kata Wayong, karakter tokoh utama terlalu menonjol sementara peran dari tokoh figurannya kurang mendukung.

 

“Dari segi teknis, peserta festival tv desa di Kota Batu luar biasa. Dari segi teknis ya. Jadi tadi itu, peserta diberi materi penguatan karakter, story driven, analisis naskah. Jadi lebih dikuatin disisi situ,” kata Nicolaus Wayong Kabelum.

 

Wayong berharap, nantinya ada lebih banyak karya dari anak-anak Kota Batu yang diikutkan dalam festival-festival film pendek, festival film lokal dan juga nasional. 

 

Sebelumnya, Bambang Pur dari Kompas TV Surabaya, juga menyampaikan materi yang sangat bermanfaat bagi para peserta workshop. Diantaranya tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri di depan kamera, ekspresi wajah, intonasi suara, dan pengaturan nafas. 

 

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Diskominfo Kota Batu, Andri Wijaya, dalam workshop ini sempat menunjukkan hasil karya video liputan yang dibuat oleh penggiat TV Desa. Ia berharap, nantinya ada lebih banyak anak dan pelajar Kota Batu yang bergabung dalam kelompok TV Desa yang ada di desanya masing-masing. 

 

Puncak acara Festival TV Desa akan digelar pada Rabu malam di tempat yang sama. Dalam acara tersebut, juga akan diumumkan para pemenang dari semua kategori yang dilombakan dalam Festival TV Desa. Mulai dari Film Terbaik, Film Pilihan Jurnalis, Film Pilihan Juri, dan Film Favorit Penonton.

 

 


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu