Berita

Wakil Wali Kota dan Baznas Serahkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh ke 2048 Fakir Miskin


19-04-2022 00:00:00


 

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batu mulai melakukan pendistribusian Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) untuk 2.048 fakir miskin di Kota Batu. Untuk penyaluran pertama dilaksanakan di Balai Kelurahan Songgokerto untuk 135 orang penerima, Selasa (19/4).

 

Turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan zakat secara simbolis, Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso. Punjul menjelaskan bahwa Baznas Kota Batu telah mengumpulkan zakat, infaq, shodaqoh dari ASN dilingkungan Pemkot Batu, instansi vertikal, BUMD, dan perorangan. Zakat, infaq, shodaqoh itu dilaporkan secara transparan kepada publik, lalu disalurkan kepada golongan-golongan yang berhak.

 

“Semoga kedepannya Baznas Kota Batu berkoordinasi dan bersinkronisasi dengan Pemerintah Daerah untuk pengumpulan dan penyaluran zakat,” kata Punjul.

 

Di kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Batu, H Ahmad Budiono, mengatakan bahwa jumlah penerima zakat, infaq dan shodaqoh semakin menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

 

“Penurunan ini dikarenakan ada yang meninggal, ada juga yang kemampuan ekonominya membaik sehingga tidak memenuhi syarat sebagai penerima zakat lagi. Semoga jumlahnya terus berkurang, sehingga bisa disalurkan ke bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan usaha produktif, beasiswa dan sebagainya,” harap Budiono.

 


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu