Berita

Peringati Hari Kartini, DWP Batu gelar Lomba Dongeng


20-04-2022 00:00:00


 

 

Memperingati Hari Kartini 2022, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Batu menyelenggarakan lomba mendongeng di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Kota Batu, Selasa (20/4).

 

Mengusung tema “Peran Ibu dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Dongeng”, lomba mendongeng diikuti oleh perwakilan berbagai instansi dan OPD di Kota Batu.

 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mendongeng merupakan salah satu cara untuk memberikan pendidikan karakter kepada anak. Dengan mendongeng, anak-anak bisa mendapatkan nilai budaya, nilai humanis dan nilai moral.

 

“Mudah-mudahan dengan ajaran dongeng ini, Ibu-ibu tersadar bahwa mendongeng adalah cara untuk memasukkan nilai-nilai yang menjadi pegangan anak-anak hingga dewasa,” ujar Dewanti. 

 

Sementara itu, Qurotu Aini Zadim selaku Ketua DWP Kota Batu, menjelaskan bahwa kebiasaan mendongeng atau membacakan cerita sudah banyak ditinggalkan. Padahal mendongeng menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mendukung tumbuh kembang anak.

 

“Mendongeng dapat menstimulasi keterampilan bahasa dan beberapa jenis kecerdasan majemuk Anak-anak,” ujar Aini. 

 

Puncaknya, lomba mendongeng ini dimenangkan oleh Atik dari BKPSDM, diikuti oleh Wahyu Sasongko dari BKD & Aset sebagai juara 2, serta Yanti dari Diskumdag sebagai juara 3. Untuk Juara Harapan 1 diraih Niken dari Balitjestro dan Juara Harapan 2 diraih oleh Aulia dari Diskominfo.


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu