Berita

Peluncuran Tahapan Pemilu 2024


15-06-2022 00:00:00


 

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar nonton bareng live streaming peluncuran dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa (14/6) malam. 

 

Kegiatan berupa menyaksikan kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI melalui tayangan Youtube KPU RI ini, juga diikuti oleh Forkopimda Kota Batu dan perwakilan dari Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019.

 

Acara peluncuran tahapan pemilu 2024 diawali dengan sambutan Mendagri, Tito Karnavian, yang membacakan sambutan Presiden Jokowi. Dalam sambutannya, Jokowi memerintahkan semua pihak dan lembaga untuk memberikan dukungan penuh pada KPU dan jajaran. Mulai dari pendampingan, regulasi khusus hingga dana yang dibutuhkan. 

 

“Harapannya, Pemilu diselenggarakan dengan efisiensi, laksanakan kampanye yang mengurangi mobilisasi orang, mengurangi gesekan di lapangan termasuk menghindari politik uang,” kata Tito. 

 

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan, pemerintah, DPR, dan KPU telah sepakat dan berkomitmen sejak awal bahwa Pemilu 2024 harus dilaksanakan. Menurutnya, tidak ada pembahasan penundaan pemilu.

 

"Tidak ada pembahasan untuk penundaan, tidak ada pembahasan untuk mengulur-ulur, melainkan jelas dari awal sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) bahwa pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali," ujar Puan

 

Sementara itu, Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, yang membuka dialog bersama Forkopimda setelah peluncuran Tahapan Pemilu 2024, menyampaikan bahwa pemilu adalah ajang konflik. Namun beliau berharap semua tahapan pemilu bisa berjalan lancar dan sukses. 

 

“Kota Batu tetap harus aman, semoga semua tahapan pemilu 2024 aman dan lancar,” ujar Dewanti.

 

Dalam dialog ini, dibahas pula mengenai gedung Reskrim Kapolres Batu yang akan disediakan sebagai gudang logistik penyelenggaraan Pemilu 2024. 

 

Tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Karena akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024, maka peluncuran tahapan pemilu diselenggarakan 14 Juni 2022. 

 

Untuk pengaturan tahapan dan jadwal Pemilu 2024, belum lama ini KPU RI telah mengundangkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 pada 9 Juni 2022. Dalam pasal 3 disebutkan tahapan penyelenggaraan pemilu ada 11.

 

Pertama, perencanaan program dan anggaran serta penyusunan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu. Kedua, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih. Ketiga, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu. Keempat, penetapan peserta pemilu. Kelima, penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan. Keenam, pencalonan Presiden/Wapres, serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

 

Selanjutnya, ketujuh, masa kampanye pemilu. Kedelapan, masa tenang. Kesembilan, pemungutan dan penghitungan suara. Kesepuluh, penetapan hasil pemilu, serta terakhir, pengucapan sumpah/janji presiden/wapres serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

 


Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu