14

Sep
  • Pemerintahan

Tingkatkan Pengelolaan Produk Pertanian, Pemkot Batu Gelar Bimtek Digital Marketing

  • by Admin
  • 14-09-2023
  • Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengelolaan produk pertanian di Kota Batu, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DistanKP) bersama Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), menggelar “Pelatihan Digital Marketing” di Hotel Horizon Trunojoyo, Kota Batu, Rabu (13/09) pagi.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pemasaran melalui media digital, DistanKP berupaya untuk memberikan edukasi dan mendorong bisnis pertanian berbasis teknologi melalui program Sartani Gaya KWB atau Pengentasan Kemiskinan Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Petani dan Berdaya Kota Wisata Batu.

Kepala DistanKP Kota Batu yang diwakili oleh Kepala Bidang Pertanian, Puspa Permanasari, mengatakan, Sartani Gaya KWB menjadi salah satu inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani lokal Kota Batu. Sartani Gaya KWB juga diharapkan dapat menjadi dobrakan inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani lokal Kota Batu melalui empat program unggulan.

“Program pertama ada GETAS (Gerakan Konsumsi Telur, Sayur dan Susu), kita mengajak ibu dan balita untuk makan sehat dengan konsumsi sayur dan susu, ini juga menjadi upaya untuk mengurangi angka stunting,” kata Puspa.

Selanjutnya untuk program kedua, Puspa menjelaskan terkait kerja sama dengan instansi pendidikan untuk mengenalkan dan menumbuhkan generasi muda cinta pertanian melalui program Abang Tani atau Anak Bangga Bertani.

Selain itu, dilakukan kolaborasi bersama seluruh OPD Kota Batu, instansi, lembaga masyarakat dalam melakukan aksi bersama dalam menggunakan, mengkonsumsi, dan bangga terhadap produk lokal pertanian unggulan Kota Batu.

“Melalui GETAR atau Gerakan Cinta Produk Pertanian Kota Batu, kami berupaya untuk memamerkan dan mensosialisasikan produk-produk pertanian dan mengajak OPD dan instansi untuk bangga terhadap produk lokal,” lanjut Puspa.

Dalam program ini juga dilakukan JUMADI atau Jumat Mengabdi sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim petani, dan kekurangan untuk mengenalkan gerakan makanan sehat.

Petani Kota Batu juga akan didorong untuk memanfaatkan pemasaran melalui media digital melalui website yang dapat digunakan untuk memasarkan produk pertanian lokal unggulan Kota Batu (lengkap dengan display produk, informasi harga, praktis dan efisien). Dengan adanya program ini, petani di Kota Batu diharapkan dapat semakin sejahtera dan berdaya.